16 July 2021

Membangun Literasi Anak Melalui Mendongeng dan Cara Membaca Efektif

Membangun Literasi Anak Melalui Mendongeng dan Cara Membaca Efektif

Kegiatan Peningkatan reativitas di Perpustakaan

Membangun Literasi Anak Melalui Mendongeng dan Cara Membaca Efektif

Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY, menyelenggarakan kegiatan webinar peningkatan kreativitas di perpustakaan dengan tema “Membangun Literasi Anak Melalui Mendongeng dan Cara Membaca Efektif” (15/07/2021). Tema ini diangkat dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2021. Acara webinar dipandu oleh Ibu Gandes selaku moderator, dan dibuka oleh Kepala Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY Ibu Dewi Ambarwati. Webinar menghadirkan Kak Aio (Pendongeng, Pelatih mendongeng & Penulis Cerita) dan Kak Tyas Widjati (Penulis Buku Anak) sebagai pembicara dalam webinar.

Materi pertama disampaikan oleh Kak Aio, yang dibuka dengan kegiatan mendongeng dengan mengajak peserta webinar untuk mengikuti gerakan tubuh yang dipandu oleh Kak Aio. Banyak peserta yang antusias menyimak dengan ditujukkan dari berbagai ekspresi, hingga mengikuti gerak kak Aio serta ditunjukkan dari jumlah peserta yang mencapai 422 orang. Selain itu kak Aio juga sedikit mengajarkan tentang bagaimana menggunakan bahasa isyarat terkait pengucapkan terima kasih, tepuk tangan, dan untuk mengungkapkan hal yang keren dan luar biasa.

Kak Aio juga menyampaikan bahwa setiap orang bisa mendongeng, dan kegiatan mendongeng itu sendiri tidak harus selalu menggunakan boneka, kostum dan make up tertentu. Mendongeng bisa menyenangkan meskipun dilakukan tanpa harus dipragakan dengan alat bantu ataupun menirukan suara-suara yang aneh-aneh, karena apabila sudah menemukan cerita yang menarik, maka akan menarik juga untuk yang mendengarkan. Kemudian kak Aio juga memberikan tips bagaimana caranya mendongeng. Berikut adalah tipsnya;

  1. Siapkan terlebih dahulu ceritanya.

Paling keren biasanya cerita bisa didapatkan dari buku, karena buku cerita dibuat dengan persiapan yang baik melalui banyak proses mulai dari penelitian hingga perlu proses penyuntingan oleh editor, sehingga sudah disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Memilih cerita yang disukai.
  2. Jika menemukan cerita dari buku atau menulis cerita sendiri jangan dihafalkan kata perkatanya

Hal yang harus dilakukan adalah mengingat hal-hal yang disukai itu apa, karakter tokoh-tokohnya itu seperti apa, dan bagaimana ceritanya.

  1. Perhatikan Suara

Mendongeng tidak harus menirukan suara akan tetapi diperbolehkan apabila ingin menirukan suara karena cara bercerita sendiri ada dua yaitu cara bercerita menggunakan suara yang biasa dan menggunakan banyak suara. Apabila menirukan banyak suara ini juga perlu latihan pernafasan. Latihan pernafasan yang baik itu dilakukan dengan pemanasan, latihan fisik, tidak makan makanan yang berminyak dan latihan minimal 1 jam perhari.

  1. Mendongeng tidak harus menceritakan hal yang lucu, tidak harus membuat orang tertawa, yang terpenting adalah cerita yang baik.
  2. Ekspresi dan bahasa tubuh juga perlu diperhatikan
  3. Kuasai setiap bagian ceritanya
  4. Pada akhir bagian cerita jangan ditutup dengan memberikan simpulan pesan moral, karena pendengar mengharapkan ceritanya, dan biarkan setiap orang mengambil pesan moralnya sendiri, dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait isi cerita.

 

Pemaparan materi yang kedua disampaikan oleh kak Tyas Widjati, pada sesi tersebut kak Tyas memaparkan terkait cara membaca yang efektif untuk meningkatkan keterampilan literasi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan keterampilan literasi pada kehidupan sehari-hari.

a) Mencoba mengenalkan buku dan membacakan buku kepada anak sejak dini, karena membacakan buku pada anak memberikan manfaat yang banyak;

b) Meluangkan waktu membacakan buku untuk anak;

c) Membaca nyaring untuk anak meskipun pada anak yang sudah bisa membaca, karena hal ini dapat menstimulasi otak, melatih kemampuan menyimak, merangsang imajinasi, meningkatkan mutu hubungan orang tua dan anak, melatih rentang penafsiran dan fokus, membantu anak yang memiliki kesulitan membaca dan memungkinkan anak menikmati buku yang levelnya lebih tinggi;

d) Memilih buku yang sesuai untuk anak;

e) Mengenal kemampuan anak, karena semua anak itu berbeda, sehingga cara memperlakukan anak juga akan berbeda;

f) Mengajak anak untuk berpendapat dari buku yang dibaca, karena hal tersebut dapat melatih nalar dan cara berpikir kritis.

Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga negara dan dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. Di luar pelajaran, diluar raport, ada sebuah dunia yang sangat besar yang membutuhkan literasi.

Berita terkait

Senjakala Sebuah Perpustakaan
9 August 2019 Senjakala Sebuah Perpustakaan

Perpustakaan Japan Foundation (JF) dikenal luas di kalangan mahasiswa Jurusan Sastra/Pendidikan Bahasa Jepang universita

Mengenal Budaya Pendalungan
23 October 2019 Mengenal Budaya Pendalungan

Berdasarkan karakter sosio-kultural masyarakatnya, wilayah kebudayaan Pendalungan saat ini dapat dikelompokkan menjadi t

“SELAMAT HARI PAHLAWAN”
10 November 2019 “SELAMAT HARI PAHLAWAN”

“SELAMAT HARI PAHLAWAN”   Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbu

SEPATU JOLIFA menuju UNPSA 2020
27 November 2019 SEPATU JOLIFA menuju UNPSA 2020

SEPATU JOLIFA, Sistem Perpustakaan Terpadu Jogja Library for All saat ini secara resmi mengikuti kompetisi inovasi pelay

Telaah Pustaka Budaya Jawa
30 November 2019 Telaah Pustaka Budaya Jawa

Telaah Pustaka Budaya Jawa Edisi Bulan November 2019 dengan tema “Pendidikan Karakter Keyogyakartaan” telah

Kunjungan KB ALIFFA
12 November 2019 Kunjungan KB ALIFFA

Rabu 11/12/2019 KB Aliffa mengunjungi perpustakaan Ghratama Pustaka, rombongan tersebut diikuti oleh 29 siswa dan 6 pend

Kunjungan Bimba AIUEO Yogyakarta
14 December 2019 Kunjungan Bimba AIUEO Yogyakarta

 Sabtu 14/12/2019 Bimba AIUEO mengunjungi perpustakaan Ghratama Pustaka, rombongan tersebut diikuti oleh 50 siswa d

Pengumuman Tutup Layanan
17 December 2019 Pengumuman Tutup Layanan

Dengan ini kami sampaikan informasi tutup layanan perpustakaan di Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY (Unit Grhatama Pus

Kunjungan TK Kreatif Primagamaa
18 December 2019 Kunjungan TK Kreatif Primagamaa

Selasa 17/12/2019 TK Kreatif Primagama mengunjungi perpustakaan Ghratama Pustaka, rombongan tersebut diikuti oleh 60 sis

Selamat Natal & Tahun Baru 2020
25 December 2019 Selamat Natal & Tahun Baru 2020

Segenap keluarga besar Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY mengucapkan Selamat Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020. S

Kunjungan TK Islam Widya Kusuma
31 December 2019 Kunjungan TK Islam Widya Kusuma

Hari-hari libur sekolah tidak menyurutkan semangat adik-adik dari TK Islam Widya Kusuma untuk berkunjung ke Balai Layana

Kunjungan SMK Pasundan 1 Bandung
26 January 2020 Kunjungan SMK Pasundan 1 Bandung

Kamis 23/01/2020 SMK Pasundan 1 Bandung mengunjungi Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY, rombongan tersebut diikuti oleh

Kunjungan TK Masyitoh Krinjing
26 January 2020 Kunjungan TK Masyitoh Krinjing

Jumat 24/1/2020 TK Masyitoh Krincing Imogiri mengunjungi perpustakaan Ghratama Pustaka, rombongan tersebut diikuti oleh

Kunjungan SD Muhammadiyah Gendeng
28 January 2020 Kunjungan SD Muhammadiyah Gendeng

28/1/2020 SD Muhammadiyah Gendeng mengunjungi perpustakaan Ghratama Pustaka, rombongan tersebut diikuti oleh 63 siswa da

Kunjungan TK Aba Kleco Kotagede
4 February 2020 Kunjungan TK Aba Kleco Kotagede

Senin 3/2/2020 TK Aba Kleco Kotagede mengunjungi perpustakaan Ghratama Pustaka, rombongan tersebut diikuti oleh 63 siswa

Kunjungan MTSN 4 Bantul
12 February 2020 Kunjungan MTSN 4 Bantul

Selasa 11/2/2020 MTSN 4 Bantul mengunjungi Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY gedung Ghratama Pustaka, rombongan terseb

Kunjungan KB Seruni Karangkajen
26 February 2020 Kunjungan KB Seruni Karangkajen

Selasa 25/2/2020 KB Seruni Karangkajen mengunjungi perpustakaan Ghratama Pustaka, rombongan tersebut diikuti oleh 306 si

Kunjungan TK Teladan Yogyakarta
11 March 2020 Kunjungan TK Teladan Yogyakarta

Senin 09/03/2020, TK Teladan Yogyakarta berkunjung ke Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY Grhatama Pustaka. Rombongan di

Read Aloud
20 May 2020 Read Aloud

Ayo Ayah Bunda ajak sikecil untuk mencintai buku, salah satunya dengan metode read aloud. Read aloud merupakan salah sat

Rapat Koordinasi SEPATU JOLIFA
25 July 2023 Rapat Koordinasi SEPATU JOLIFA

Rapat Koordinasi SEPATU JOLIFA (Sistem Perpustakaan Terpadu Jogja Library For All)Balai Layanan Perpustakaan bekerjasama