17 November 2021

Workshop Read Aloud untuk Pemula dengan tema “Membaca Nyaring pada Anak Usia Dini”

Workshop Read Aloud untuk Pemula dengan tema “Membaca Nyaring pada Anak Usia Dini”

Parenting#1 Workshop Read Aloud untuk Pemula dengan tema “Membaca Nyaring pada Anak Usia Dini”

 

Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY mengadakan agenda Parenting#1 Workshop Read Aloud untuk Pemula dengan tema “Membaca Nyaring pada Anak Usia Dini”. Acara ini dibuka oleh Ibu Dewi Ambarwati, S.Sos., M. AP., yang menghadirkan Atina Rizanatul Fahriyah (Read Aloud Jogja), sebagai narasumber dan dipandu oleh Hendy Prasetyo Mukti, S.Hum (Pustakawan Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY) sebagai moderator. Acara ini dilaksanakan pada hari Rabu, 17 November 2021 yang dihadiri oleh 72 peserta zoom meeting.

Narasumber membahas tentang "Keajaiban Read Aloud Pada Anak Usia Dini". Apa itu membaca? Membaca merupakan suatu aktivitas berupa melafalkan atau mengeja sebuah tulisan (kbbi.kemdikbud.go.id). Fakta di lapangan bahwa membaca hal yang membosankan, bikin ngantuk. Terdapat 5 makna membaca dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) :

  1. Melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis (dengan melisankan atau hanya dalam hati). Contohnya, melafalkan apa yang ada dalam buku.
  2. Mengeja atau melafalkan yang tertulis. Disini kita fokus, kita artikan menjadi sebuah lafal kemudian menjadi sebuah kalimat.
  3. Mengucapkan
  4. Mengetahui ; meramalkan. Kita harus mengetahui informasi, pastikan kita mengetahui maksud dari berita maupun cerita. Dan dapat meramalkan serta mengajak anak untuk berimajinasi.
  5. Memperhitungkan ; memahami. Contohnya anak-anak dalam membaca soal atau resep, dari membaca resep kita dapat memperhitungkan bikin kue dengan 1 kg tepung, dll. Dari situ kita dapat memperhitungkan dan memahami lalu kita praktekkan.

Membaca adalah kegiatan yang kompleks, disini ketika kita membaca tulisan, lafalkan menjadi suatu kata atau suatu kalimat. Kita tidak hanya membaca saja, tetapi mendengarkan. Dalam kegiatan membaca ini dibutuhkan suatu keterampilan, yang terus dilakukan latihan, harus banyak jam terbang untuk membaca, jadi tidak hanya sekedar bisa membaca tetapi juga dapat memahami. Supaya kegiatan ini menjadi suatu menyenangkan, maka dibutuhkan perencanaan agar kegiatannya bisa berjalan dengan baik dan tidak membosankan.

Membacakan nyaring/Read Aloud merupakan kegiatan membacakan buku atau bacaan dengan bersuara (Roosie Setiawan). Terdapat perbedaan antara membaca nyaring dan membacakan nyaring, yaitu :

Membaca nyaring :

  1. Ada pembaca
  2. Ada bahan bacaan
  3. Anak/murid membaca dengan suara yang keras

Membacakan nyaring :

  1. Ada Pembaca
  2. Ada bahan bacaan
  3. Ada yang dibacakan
  4. Orang dewasa membacakan bahan bacaan (buku) kepada anak/murid

Mengapa Indonesia perlu membacakan nyaring? Fakta literasi di Indonesia menurut PISA :

  1. Evaluasi sistem pendidikan dengan mengukur murid SMP (usia 15 tahun) pada 3 bidang utama : matematika, sains, dan literasi.
  2. Dilakukan oleh OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development.
  3. Peringkat Indonesia di tahun 2018 ke 72 dari 78 negara.

Kemampuan membaca sampai mahir membaca harus perlu dilatih, membaca tidak hanya tekstual, tetapi juga bisa membaca kondisi, membaca keadaan. Orang tua sangat berpengaruh penting untuk anak dalam belajar. Membaca nyaring adalah suatu kebutuhan. Untuk menghindari pengalaman belajar yang kurang menyenangkan dan rawan stress yaitu mengajaknya dengan "yuk main" supaya anak-anak tidak bosan. Membacakan nyaring adalah jembatan yang dibutuhkan anak pra sekolah untuk memasuki jenjang SD. Mengapa perlu membacakan nyaring?

  1. Bonding, membangun ikatan dengan anak, suatu quality time khusus antara orang tua dan anak.
  2. Kosakata, menambah kosa kata yang akan digunakan untuk memahami bacaan, berbicara dan menulis. Kegiatan dalam membacakan nyaring ini tidak hanya membaca, tetapi juga mendengarkan. Anak akan mendapatkan pengetahuan awal dari orang tuanya, saat membacakan buku kenapa harus bersuara? Karena anak bisa mengasosiasikan dari apa yang anak lihat dan dengar. Jadi ini adalah paket yang lengkap untuk belajar anak.
  3. Imajinasi, mengasah imajinasi dan kreativitas anak. Ketika orang tua membacakan sambil menunjukkan gambar-gambar maka anak akan berimajinasi.
  4. Role Model, orang tua menjadi teladan yang baik untuk anak dalam membacakan buku, anak mendapatkan konvensi literasi membaca. Anak akan melihat, memahami dan mengetahui dari mimik muka orang tua saat membacakan.
  5. Value, sebagai media menyampaikan pesan dan kesadaran sosial tanpa menggurui.

Anak usia dini layaknya spons yang akan menyerap segala stimulus dan pengetahuan dari lingkungannya. Ketika kita membacakan buku, maka anak akan mendengar. Terjadilah komunikasi antara orang tua dan anak. Kalau kita sudah tahu dan sudah paham perihal membacakan nyaring, bagaimana cara kita membacakannya? Ada 4 (empat) tahapan, yaitu persiapan, awal, saat, dan akhir.

  1. Tahap persiapan. Dalam persiapan ini pertama waktu, kita harus ada waktu yang nyaman, yang siap untuk dibacakan nyaring. Dan pemilihan buku bacaan, bisa dilakukan secara bersama-sama dengan anak atau permintaan anak.
  2. Tahap awal. Kita bacakan sampul bukunya, yaitu judul dan dalam membacakan nyaring ini ada fokus yaitu menyebutkan nama penulis, ilustrator, dan penerbit. Supaya anak tahu judul buku yang mana, kemudian kita jelaskan penulis karena anak akan tahu oh buku ada penulisnya, serta ilustrator, jelaskan gambar-gambar yang terdapat dalam buku dibuat oleh ilustrator maka anak juga bisa berimajinasi.
  3. Tahap saat. Saat membacakan nyaring tidak harus cepat-cepat, boleh banget kita berinteraksi dengan anak, kita ajak berinteraksi ini apa ini apa supaya anak bisa berimajinasi.
  4. Tahap akhir. Dalam tahap akhir, kita dapat mengajak ngobrol anak, yang dari bacaan tadi mendapatkan apa, tadi membaca apa, hal tersebut dapat dijadikan sebagai bahan diskusi.

Menurut Paramita, V. D. (2020), hal-hal yang perlu diperhatikan saat membacakan nyaring adalah sebagai berikut :

  1. Memilih waktu yang nyaman, baik bagi orang tua maupun anak.
  2. Memberikan beberapa pilihan buku kepada anak dan membiarkan anak memilih buku yang ia suka untuk dibaca bersama.
  3. Melibatkan anak dalam kegiatan membaca dengan meminta anak membalik halaman buku atau menebak hal yang kira-kira akan terjadi selanjutnya.
  4. Setelah membacakan cerita, luangkan waktu untuk membahas kembali isi buku atau pendapat anak terkait buku cerita yang dibacakan.

Hal yang tidak boleh dilakukan saat membacakan nyaring :

  1. Membacakan cerita ketika sedang terburu-buru.
  2. Memaksa anak untuk memilih buku tertentu.
  3. Memaksa anak untuk diam dan mendengarkan sepanjang cerita dibacakan.
  4. Terburu-buru mengakhiri sesi membacakan cerita.

 

Tim Humas Balai Yanpus

Berita terkait

Senjakala Sebuah Perpustakaan
9 August 2019 Senjakala Sebuah Perpustakaan

Perpustakaan Japan Foundation (JF) dikenal luas di kalangan mahasiswa Jurusan Sastra/Pendidikan Bahasa Jepang universita

Mengenal Budaya Pendalungan
23 October 2019 Mengenal Budaya Pendalungan

Berdasarkan karakter sosio-kultural masyarakatnya, wilayah kebudayaan Pendalungan saat ini dapat dikelompokkan menjadi t

“SELAMAT HARI PAHLAWAN”
10 November 2019 “SELAMAT HARI PAHLAWAN”

“SELAMAT HARI PAHLAWAN”   Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbu

SEPATU JOLIFA menuju UNPSA 2020
27 November 2019 SEPATU JOLIFA menuju UNPSA 2020

SEPATU JOLIFA, Sistem Perpustakaan Terpadu Jogja Library for All saat ini secara resmi mengikuti kompetisi inovasi pelay

Telaah Pustaka Budaya Jawa
30 November 2019 Telaah Pustaka Budaya Jawa

Telaah Pustaka Budaya Jawa Edisi Bulan November 2019 dengan tema “Pendidikan Karakter Keyogyakartaan” telah

Kunjungan KB ALIFFA
12 November 2019 Kunjungan KB ALIFFA

Rabu 11/12/2019 KB Aliffa mengunjungi perpustakaan Ghratama Pustaka, rombongan tersebut diikuti oleh 29 siswa dan 6 pend

Kunjungan Bimba AIUEO Yogyakarta
14 December 2019 Kunjungan Bimba AIUEO Yogyakarta

 Sabtu 14/12/2019 Bimba AIUEO mengunjungi perpustakaan Ghratama Pustaka, rombongan tersebut diikuti oleh 50 siswa d

Pengumuman Tutup Layanan
17 December 2019 Pengumuman Tutup Layanan

Dengan ini kami sampaikan informasi tutup layanan perpustakaan di Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY (Unit Grhatama Pus

Kunjungan TK Kreatif Primagamaa
18 December 2019 Kunjungan TK Kreatif Primagamaa

Selasa 17/12/2019 TK Kreatif Primagama mengunjungi perpustakaan Ghratama Pustaka, rombongan tersebut diikuti oleh 60 sis

Selamat Natal & Tahun Baru 2020
25 December 2019 Selamat Natal & Tahun Baru 2020

Segenap keluarga besar Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY mengucapkan Selamat Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020. S

Kunjungan TK Islam Widya Kusuma
31 December 2019 Kunjungan TK Islam Widya Kusuma

Hari-hari libur sekolah tidak menyurutkan semangat adik-adik dari TK Islam Widya Kusuma untuk berkunjung ke Balai Layana

Kunjungan SMK Pasundan 1 Bandung
26 January 2020 Kunjungan SMK Pasundan 1 Bandung

Kamis 23/01/2020 SMK Pasundan 1 Bandung mengunjungi Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY, rombongan tersebut diikuti oleh

Kunjungan TK Masyitoh Krinjing
26 January 2020 Kunjungan TK Masyitoh Krinjing

Jumat 24/1/2020 TK Masyitoh Krincing Imogiri mengunjungi perpustakaan Ghratama Pustaka, rombongan tersebut diikuti oleh

Kunjungan SD Muhammadiyah Gendeng
28 January 2020 Kunjungan SD Muhammadiyah Gendeng

28/1/2020 SD Muhammadiyah Gendeng mengunjungi perpustakaan Ghratama Pustaka, rombongan tersebut diikuti oleh 63 siswa da

Kunjungan TK Aba Kleco Kotagede
4 February 2020 Kunjungan TK Aba Kleco Kotagede

Senin 3/2/2020 TK Aba Kleco Kotagede mengunjungi perpustakaan Ghratama Pustaka, rombongan tersebut diikuti oleh 63 siswa

Kunjungan MTSN 4 Bantul
12 February 2020 Kunjungan MTSN 4 Bantul

Selasa 11/2/2020 MTSN 4 Bantul mengunjungi Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY gedung Ghratama Pustaka, rombongan terseb

Kunjungan KB Seruni Karangkajen
26 February 2020 Kunjungan KB Seruni Karangkajen

Selasa 25/2/2020 KB Seruni Karangkajen mengunjungi perpustakaan Ghratama Pustaka, rombongan tersebut diikuti oleh 306 si

Kunjungan TK Teladan Yogyakarta
11 March 2020 Kunjungan TK Teladan Yogyakarta

Senin 09/03/2020, TK Teladan Yogyakarta berkunjung ke Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY Grhatama Pustaka. Rombongan di

Read Aloud
20 May 2020 Read Aloud

Ayo Ayah Bunda ajak sikecil untuk mencintai buku, salah satunya dengan metode read aloud. Read aloud merupakan salah sat

Rapat Koordinasi SEPATU JOLIFA
25 July 2023 Rapat Koordinasi SEPATU JOLIFA

Rapat Koordinasi SEPATU JOLIFA (Sistem Perpustakaan Terpadu Jogja Library For All)Balai Layanan Perpustakaan bekerjasama